Laman

Dokter semut, laba-laba, dan lebah

 Semut,laba-laba,dan lebah...Mungkin kalian akan berpikir betapa tidak pentingnya memikirkan hewan - hewan kecil ini.Kenapa  sich kita perlu membahas semut-semut kecil yang berbaris menuju makanan, laba-laba yang bersembunyi di dalam sarang usangnya, ataupun lebah yang mendengung berisik tidak karuan. Kehidupan sehari-hari kita sebernarnya tidak hanya dekat dengan mereka, tetapi benar-benar dekat. Pola hidup manusia pun jika ditinjau lebih dalam akan tidak jauh berbeda dengan mereka.Mau - tidak mau kitapun harus mengambil hikmah dari kehidupan mereka jika ingin hidup dengan bijaksana.Benar-benar hal menggelitik pikiran dan hati kita kan? Bagaimana bisa serangga kecil remeh temeh itu mengajarkan kebijaksanaan? Bukankah mereka itu tidak berakal, dan hanya memiliki insting?



Allah mengajak kita merenungkan ayat Qur'an berikut ini, yang disampaikanNya untuk menunjukkan jalan yang benar kepada manusia yang diciptakanNya:


"Dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang, dan bahtera yang berlayar di lautan untuk kemaslahatan manusia, dan air yang dikirimkan Tuhan dari langit - yang dengannya dihidupkanNya bumi sesudah mati (kering) dan disebarkanNya berbagai jenis mahluk - dan angin serta awan yang bergerak dengan patuhnya ke berbagai arah di antara langit dan bumi; sungguh terdapat tanda-tanda bagi mereka yang menggunakan akalnya." (Surat al-Baqarah: 164)

Intinya, ayat ini mengatakan kepada kita semua bahwa didalam semua ciptaan dan kekuasaan Allah terdapat suatu "hidden message" yang hanya dapat ditangkap dengan berpikir.Dibalik hal-hal yang seakan-akan sudah biasa dan "berjalan dengan semestinya" terdapat fakta-fakta  dahsyat dengan hikmah tanpa akhir.Sebagai manusia yang beriman dan bertakwa sudah seharusnya kita menerapkan hikmahnya.



Dibawah ini saya akan membahas bagaimana hikmah yang dapat diperoleh dari semut,laba-laba dan lebah.

Semut

Semut merupakan Insecta dengan ordo Hymenoptera, dan famili Formicidae. Serangga sosial ini tergolong sangat sukses dalam mempertahankan spesiesnya.Total ada sekitar 12.000 kelompok jenis semut.Semut hidup dalam koloni yang biasanya terdiri dari semut pekerja,tentara, ratu, pejantan , dan larva-larvanya.Hampir diseluruh dunia mereka tersebar, hanya lautan dan dingin nya kutub yang mampu memutuskan dominasi mereka. Kebanyakan dari spesies semut hidup di wilayah tropis seperti Indonesia kita tercinta.Semut biasanya adalah omnivora yang memiliki banyak variasi makanan. Mereka memakan apa saja asal mampu dimakan. Mulai dari buah-buahan,gula,biji-bijian, bangkai,serangga lainnya, hingga makanan yang kita simpan.Bahkan beberapa spesies semut mencari makanan dengan cara yang canggih untuk hewan sekecil mereka.Semut pemotong daun atau Semut Atta mislanya, mereka mampu menanam jamur dengan menggunakan daun sebagai media tanam.Beberapa jenis lain ada yang "beternak" aphid (sejenis serangga daun) untuk diambil "madu" nya.Di beberapa daerah yang tandus, semut pot madu dapat menyimpan sari makanan di dalam tubuhnya dan membentuk semacam pot berisi sari makanan.


Semut memang sangat hebat dalam mencari makanan.Mereka adalah hewan yang rajin,ulet,tekun,gigih dan memiliki organisasi yang terstruktur.Seluruh dari hidup semut dihabiskan untuk bekerja dan bekerja tanpa menegnal lelah.Masing-masing kasta melakukan tugasnya dengan sepenuh hati demi koloni.Mereka menganggap koloni semut lain sebagai rival dan bahkan tidak jarang mereka berperang demi memperebutkan makanan.Jika ada  satu saja anggota koloni lain masuk kedalam wilayahnya,biasanya akan langsung dibunuh.Benar- benar hewan yang pelit dan serakah. Semut tiada henti mencari makanan walaupun kebutuhan hidup mereka sebenarnya sudah terpenuhi.Segala macam jalan pun mereka tempuh.Tidak peduli apakah yang mereka lakukan sebenarnya telah merugikan makhluk lain. Memang ada beberapa makhluk hidup yang memperoleh "suaka" dari koloni, namun itu karena ansemut membutuhkannya untuk menghasilkan makanan.Banyak jenis semut yang mengancam kehidupan makhluk lainnya, seperti semut legiun, semut peluru,semut pemanen, dan semut api.

Semut  yang paling menakutkan sepanjang sejarah manusia adalah semut api yang hidup di Benua Amerika. Jenis semut ini menggunakan sengat beracun untuk membunuh mangsanya. Telah diamati bahwa semut api muda dapat mencederai atau bahkan membunuh reptil atau bayi menjangan. Selain itu, semut agresif ini dapat memadamkan listrik dengan merusak kabel. Pernah mereka menyerang Amerika Selatan dan mengakibatkan keru-sakan yang mengerikan. Jurnal dan majalah tahun itu menginformasikan bahwa semut-semut ini mengunyah putus kabel listrik sehingga listrik padam, menggagalkan panen senilai miliaran dolar, meruntuhkan jalan tol dan menyengat manusia, mengakibatkan shock alergi yang melum-puhkan. Mereka melakukan semua ini dengan rahang mereka yang kuat. Mereka bahkan menggali terowongan di bawah jalan menyebabkan jalan dan jalan tol runtuh, juga kerusakan lain di lingkungan.


Semut Api (Solenopis invicta)


Apa yang terjadi jika dokter berpikiran seperti semut? Dokter seperti itu memang akan kaya dan sukses berkat etos kerja keras yang mereka miliki.Tetapi mereka memiliki ambisi yang serakah,asal bisa diambil mereka akan mengambil semuanya. Dan juga mereka hanya mementingkan kelompok mereka sendiri.Dokter dari kelompok lain akan dikerjai habis-habisan jika berani mencampuri urusan mereka. Sepanjang hidupnya mereka hanya akan menjadi budak dari harta. Jelas-jelas dokter seperti ini akan membahayakan umat manusia.

Laba-Laba

Laba-laba sebenarnya bukan serangga,karena mereka termasuk dalam kelompok Arachnida bersama-sama dengan kelabang,kaki seribu dan kalajengking. Sebanyak 40.000 spesies tersebar diseluruh dunia, kecuali dilautan. Dimanapun mereka tinggal, laba-laba selalu bisa memanfaatkan alam tempat habitatnya.Dari kolong tempat tidur, hutan tropis yang gelap, gurun yang tandus, hingga didalam airpun mereka bisa dijumpai. Hal ini berkat kemampuan unik mereka dalam membuat sarang.Laba-laba dibagi menjadi 2 jenis, yaitu web spider dan ground spider.Web spider membangun sarangnya dengan menggunakan benang mirip mirip sutra yang sangat kuat, ringan, dan elastis.Bahkan karena saking kuatnya, pihak tentara membuat jaket anti peluru dengan benang laba-laba sintesis. Jenis Groud spider tidak membuat sarang dari benang, sering mereka menggali tanah untuk membuat sarang.

Laba-laba memang makhluk yang sangat kreatif dan cerdas. Hewan-hewan kecil ini terkadang tampak sebagai ahli konstruksi yang mampu melakukan perhitungan untuk membangun sarangnya, terkadang sebagai desainer interior yang sedang membuat rencana-rencana rumit, dan di waktu yang lain sebagai ahli kimia yang sedang membuat benang yang sangat kuat dan fleksibel, racun yang mematikan, serta asam-asam pelarut, dan kadang sebagai pemburu yang menggunakan taktik-taktik yang sangat cerdik.

Karena kebanyakan laba-laba adalah karnivora, mereka harus memakan hewan lain. Makanan mereka tidak hanya serangga, hewan-hewan yang lebih besarpun sangggup dikalahkan.Laba-laba lain bahkan dari spesies yang sama pun tidak luput dari menu makanan. Mereka menggunakan ilmu dan kecerdikannya untuk membuat jebakan dan tipuan agar bisa makan.Hewan ini dengan sabar menunggu calon mangsa masuk ke perangkapnya.Laba-laba bolas menggunakan benangnya sebagai tali lasso untuk menjerat mangsanya, mengingatkan kita akan seorang koboi.Laba-laba perangkap membangun sarang didalam tanah dengan sistem mekanik yang canggih untuk menjebloskan mangsa kedalam sarangnya.Laba-laba Dinopis dapat melempar jala yang juga berfungsi sebagai pengawet makanan.Airpun dapat mereka manfaatkan untuk berburu makanan. Laba -laba Dolomedes dan laba - laba Lonceng adalah spesialis pemburu hewan air.Sebagian jenis lainnya adalah penyamar ulung.Memang kejam dan licik, tapi itulah dunia laba-laba.



laba-laba yang menyamar

Nah, sekarang kita akan membahas dokter laba-laba.Mereka tidak mempdulikan halal tidaknya pendapatan mereka.Dalam kesehariannya dokter ini memang sangat pandai jika dibandingkan dengan dokter yang lain.Namun kepandaian  ini digunakan untuk memperdaya "mangsa nya". Dari luar mereka tampak berwibawa, tetapi dari dalam mereka hanyalah laba-laba. Dokter ini pintar menggunakan omongan -omongan manis untuk  menipu orang lain.Tidak hanya pasien , dokter lain pun juga ikut mereka tipu demi mencapai tujuannya.Tampaknya dokter yang intelek tapi licik dan kejam  ini jauh lebih berbahaya daripada dokter semut.

C. Lebah

Lebah berkerabat dekat dengan semut karena memiliki ordo yang sama. Namun  memiliki famili yang berbeda, yaitu apidae. Seperti semut dan laba-laba, lebah juga terdapat diseluruh bumi kecuali antartika.Telah tercatat ada sekitar 20.000 spesies lebah. Seperti semut, lebah hidup berkelompok, walaupun beberapa jenis ada yang soliter. Lebah memakan nektar dari bunga dan membuat madu untuk cadangan makanannya.

Lebah madu membuat tempat penyimpanan madu dengan bentuk heksagonal. Sebuah bentuk penyimpanan yang paling efektif dibandingkan dengan bentuk geometris lain. Lebah menggunakan bentuk yang memungkinkan mereka menyimpan madu dalam jumlah maksimal dengan menggunakan material yang paling sedikit. Para ahli matematika merasa kagum ketika mengetahui perhitungan lebah yang sangat cermat. Aspek lain yang mengagumkan adalah cara komunikasi antar lebah yang sulit untuk dipercaya. Setelah menemukan sumber makanan, lebah pemadu yang bertugas mencari bunga untuk pembuatan madu terbang lurus ke sarangnya. Ia memberitahukan kepada lebah-lebah yang lain arah sudut dan jarak sumber makanan dari sarang dengan sebuah tarian khusus. Setelah memperhatikan dengan seksama isyarat gerak dalam tarian tersebut, akhirnya lebah-lebah yang lainnya mengetahui posisi sumber makanan tersebut dan mampu menemukannya tanpa kesulitan.


lebah madu mencari serbuk bunga

Sejak jutaan tahun yang lalu lebah telah menghasilkan madu sepuluh kali lebih banyak dari yang mereka butuhkan. Satu-satunya alasan mengapa binatang yang melakukan segala perhitungan secara terinci ini memproduksi madu secara berlebihan adalah agar manusia dapat memperoleh manfaat dari madu yang mengandung “obat bagi manusia” tersebut. Allah menyatakan tugas lebah ini dalam Al-Qur'an:

Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan. (QS. An-Nahl, 16: 69) 
 
Tahukah anda tentang manfaat madu sebagai salah satu sumber makanan yang Allah sediakan untuk manusia melalui serangga yang mungil ini?
Madu tersusun atas beberapa molekul gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, potasium, sodium, klorin, sulfur, besi dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas madu bunga dan serbuk sari yang dikonsumsi lebah. Di samping itu di dalam madu terdapat pula tembaga, yodium dan seng dalam jumlah yang kecil, juga beberapa jenis hormon.

Sebagaimana firman Allah, madu adalah “obat yang menyembuhkan bagi manusia”. Fakta ilmiah ini telah dibenarkan oleh para ilmuwan yang bertemu pada Konferensi Apikultur Sedunia (World Apiculture Conference) yang diselenggarakan pada tanggal 20-26 September 1993 di Cina. Dalam konferensi tersebut didiskusikan pengobatan dengan menggunakan ramuan yang berasal dari madu. Para ilmuwan Amerika mengatakan bahwa madu, royal jelly, serbuk sari dan propolis (getah lebah) dapat mengobati berbagai penyakit.
Lebah di alam berfungsi penting sebagai serangga penyerbuk utama. Kesukaannya akan nektar dan serbuk sari dimanfaatkan tumbuhan untuk penyerbukan dan penyebaran serbuk sari. Dalam penyerbukan buatan tanaman tertentu, lebah dipelihara dalam kurungan berisi tumbuhan yang akan disilangkan.Madu yang dihasilkan lebah disukai oleh banyak hewan, khususnya beruang madu.

Saya rasa kalian sudah tahu sendiri kan, betapa menyenangkan jika dokter - dokter bersikap seperti lebah ini.Beberapa sifat lebah yang dapat dijadikan bahan renungan  adalah, rajin bekerja. Pagi-pagi sekali lebah sudah bangun dan dengan gesit ia pergi dari taman ke taman, dari pohon ke pohon, dari bunga ke bunga mencari makanannya.Dalam bekerja  kita juga tidak boleh bermalas-malasan,ketika waktu sudah menandakan subuh, itulah tanda bahwa kita harus mulai beraktivitas. Dokter lebah memang rajin bekerja, tetapi mereka tidak seperti dokter semut.karena dokter lebah tidak serakah dan kikir. Layaknya lebah yang madunya dinikmati banyak makhluk hidup, dokter ini adalah tipe orang senang bersedekah dan membantu orang lain. Dokter lebah juga tidak akan memanfaatkan ilmunya untuk menipu orang lain.Kesembuhan pasien adalah hal yang utama bagi mereka.Kita sudah membaca betapa bergunanya madu yang diproduksi lebah.Dari masa ke masa madu ini selalu dapat diandalkan sebagai obat. Begitu juga dokter lebah, mereka adalah dokter-dokter yang memiliki rasa kemanusiaan tinggi , dan dapat diandalkan dari masa ke masa.

Setelah saya ceritakan tentang dokter semut, laba-laba, dan lebah,,,kalian tahu sendiri kan mana yang paling baik?...hehehe.. ^ -^ V

Sumber :
Buku-buku keajaiban pakdhe Harun (Yahya) ..beberapa paragraf tentang lebah copi paste dari bukunya..lama2 capek & males mikir jg.. hehe..maaf kan saya ya pakdhe? :P
Encarta Encyclopedia
Wikipedia
Artikel-artikel yang dapat dicari lewat "mbah google"

1 komentar:

Vinni Endah Suswita mengatakan...

subhanallah,,,Maha Besar Allah dengan segala ciptaanNya,,sungguh dalam penciptaanNya itu,tiada hal yang sia-sia...:)

Posting Komentar