Laman

Wonder of Life- Sel Tubuh Manusia

Coba bayangkanlah sebuah kota metropolitan masa depan yang super canggih seperti dalam film Star Wars atau anime Doraemon.Di kota yang sangat besar itu memiliki jutaan aktivitas yang selalu berlangsung tanpa henti.Pabrik- pabrik mutakhir yang menghasilkan aneka produk, memiliki sistem ekspor untuk menyalurkan produknya dan sistem impor untuk menerima barang mentah dari luar kota.Penyaluran bahan-bahan diatur dengan ketat dan didukung oleh sistem transportasi yang canggih.Tidak lupa terdapat sistem penghancur dan pembuangan limbah dari pabrik-pabrik tersebut.Untuk memenuhi aktivitasnya yang padat, kota ini membutuhkan ratusan sampai ribuan generator tenaga dan pabrik bahan bakar. Didalamnya juga terdapat
sistem pertahanan dan keamanan yang menjaga kota dari segala macam ancaman, baik dari luar maupun dari dalam.dan tentunya juga terdapat bagian paling vital dari sebuah kota, yaitu sistem pemerintahan dan komunikasi yang menjamin berlangsungnya semua aktivitas kota secara selaras dan harmonis.Masing warga dan pekerja didalam kota tersebut melaksanakan tugasnya dengan rajin tanpa pernah mengeluh.

Kalian tidak perlu menunggu sampai puluhan bahkan ratusan tahun kedepan, karena kota metropolitan super canggih itu sudah ada didalam tubuh kita.Tidak cuma satu, bahkan ada 100 triliun kota seperti itu didalam tubuh. Yup.. Kota itu adalah sel.Unit fungsional yang menyusun tubuh makhluk hidup.Semua hal yang dtertulis pada paragraf diatas terjadi hanya di dalam sebuah sel.Sel tubuh kita terbagi menjadi 200 jenis dengan fungsi yang berbeda, dan memiliki bentuk yang spesial.Misalnya, sel-sel otot dalam kaki kalian menyerupai anyaman tali sehingga kalian bisa berjalan dan berlari. Berkat bentuk ini, otot-otot tangan dan kaki kalian tidak robek karena peregangan yang berlebihan ketika kalian bermain bola. Adapun sel darah berbentuk bulat seperti piringan. Tugas mereka adalah membawa oksigen, yang diperlukan oleh tubuh kalian, melalui perantaraan pembuluh darah. Berkat bentuk mereka ini, mereka bisa dengan mudah mengalir melalui pembuluh darah bersama oksigen yang mereka bawa. Sel-sel kulit, di lain pihak, menyatu dan teratur rapat. Dengan demikian, kulit kalian tidak dapat ditembus oleh mikroba dan air.

Yang ajaib dari sel ini adalah semuanya bekerja gotong royong secara sinergis untuk menjaga kelangsungan hidupnya dan diri kita.Bahkan sebuah gerakan yang tampaknya sepele bagi kita sebenarnya merupakan koordinasi kompleks yang melibatkan jutaan sel.Contohnya ketika kita hendak menunjuk layar komputer dengan sebuah telunjuk. Gerakan ini melibatkan sel-sel dari sistem indera untuk menangkap rangsang cahaya, sistem saraf untuk mengiterpretasikan rangsang dan melakukan perintah untuk kontraksi otot jari dan lengan, sistem kardiovaskuler dan respirasi untuk menjamin kebutuhan oksigen sel-sel yang bekerja. Untungnya, untuk melakukan tugasnya sel dapat bekerja secara otomatis.Bayangkan betapa rumitnya jika sel harus kita kendalikan secara manual.


Sel diselubungi oleh lapisan yang disebut membran.Membran ini memiliki sifat elastis, fleksibel, dan ketebalan yang sangat tipis.Karena tipisnya maka untuk mendapatkan ketebalan 1 milimeter perlu ditumpuk sebanyak 130.000 ribu lembar membran sel.Sifat membran sel lebih mendekati zat cair ketimbang zat padat.Walaupun bersifat cair, membran ini sangat ketat dan efektif dalam melaksanakan tugasnya sebagai penjaga pintu.Fungsi utama membran sel adalah menentukan apa saja yang boleh keluar atau masuk kedalam sel, karena itu ia bertugas menjaga agar semua zat yang dibutuhkan tersedia dengan jumlah yang tepat.Hanya zat larut dalam lemak saja seperti oksigen,karbondioksida, dan alkohol yang dapat langsung menembus membran.Zat-zat lain yang larut dalam air seperti ion,glukosa, dan urea harus diseleksi terlebih dahulu oleh membran sel.

Semua kegiatan sel membutuhkan energi. Didalam sel terdapat ratusan hingga ribuan generator energi yang dinamakan mitokondria. Mitokondria menghasilkan energi dalam bentuk kemasan bernama ATP (Adenosin Tri Phosphat). ATP inilah yang menjadi mata uang untuk membayar semua aktivitas didalam sel. Ketika dibutuhkan, ATP akan dipecah untuk mengeluarkan energi yang dikandungnya. Lebih dari 95% pasokan energi sel dihasilkan oleh mitokondria melalui proses respirasi aerob (menggunakan oksigen). Sebagai perbandingan, jumlah energi yang dihasilkan oleh respirasi aerob adalah 38 ATP. Sedangkan energi yang dihasilkan oleh respirasi anaerob (tanpa menggunakan oksigen) hanya sekitar 2 ATP.Oleh karena itu, oksigen adalah zat yang sangat penting untuk sel kita.Proses pembentukan dan pemecahan ATP ini terjadi setiap saat selama sel tersebut masih hidup.Walaupun dalam keadaan tidur nyenyak, ATP tetap dibentuk dan dipecah untuk mempertahankan irama metabolisme.

Pabrik yang ada didalam sel mampu memproduksi berbagai macam zat untuk membangun dan memperbaiki berbagai sarana dan prasarana dalam sel itu sendiri.Misalnya, untuk menjaga garis pertahanan paling depan yaitu membran sel, sel akan memperbaiki membran secara konstan.Generator dan sistem trasportasi didalam sel pun dibaiki terus menerus agar tetap dapat berfungsi.Sel pun memiliki parik senjat kimia untuk menghancurkan musuh yang masuk ke dalam dan bahkan membunuh musuh yang terletak sangat jauh dari lokasi sel tersebut.

Pabrik ini bekerja secara akurat dan efisien.Sampai saat ini,sudah ada banyak zat yang sudah ditiru oleh ilmuwan di dalam laboratoriumnya. Tetapi zat-zat buatan itu masih kalah jauh baik kecepatan pembuatan maupun kerjanya dibanding zat yang diproduksi sel secara alami.Sel dapat membuatzat-zat ini dalam tempo ratusan ribu hingga jutaan kali lebih cepat daripada zat yang dibuat di laboratorium. Hal ini berkat adanya sistem enzim yang mempercepat kerja reaksi kimia didalam sel.

Sistem pemerintahan sel terletak didalam inti sel, dan djalankan atas dasar ketentuan-ketentuan tertulis. Semua itu dicatat dalam bentuk susunan molekul menyerupai pilinan 2 untai benang yang disebut DNA(Deoxyribose Nucleic Acid)atau asam ribonukleat.Setiap benang DNA terdiri atas 3 miliar satuan mata rantai yang disusun lagi oleh asam nukleotida, basa deoksiribosa, dan fosfat.Hal yang menakjubkan adalah panjang satu benang ini mencapai 2 meter..Wow.. .Satu benang DNA melilit-lilit dengan rumitnya sehingga menyerupai benang-benang kusut yang disebut kromosom.Setiap sel didalam tubuh manusia memiliki 46 buah kromosom.Didalam kromosom ini terdapat 100.000 gen, yaitu tempat yang berisi semua informasi yang menentukan takdir sel. Hal ini mencakup penentuan bentuk sel, kegiatan sel, zat yang diproduksi, kapan dan bagaimana sel itu tumbuh serta berkembang.

Pengaturan oleh DNA ini melibatkan salah satu struktur pembentuk nya,yaitu basa deoksiribosa.Didalam DNA ada 4 macam basa deoksiribosa, yaitu basa purin (adenin dan guanin),dan basa pirimidin (timin, dan sitosin). Basa ini saling berpasangan dan hanya memilih pasangan tertentu. Misalnya, adenin selalu berpasangan dengan timin, dan guanin selalu berpasangan dengan sitosin.Pasangan-pasangan ini saling berjejer membentuk kode-kode biologis yang tersusun dari 4 macam basa.Tiap 3 urutan basa ini disebut triplet, dan akan menentukan pembentukan asam amino tertentu. Untuk membentuk protein yang terdiri dari ribuan asam amino, dibutuhkan kombinasi kode-kode yang tepat baik isi maupun urutannya agar hasilnya sempurna.Jadi satu saja kerusakan atau mutasi dapat memberikan efek yang fatal.

Dengan demikian sel adalah sesuatu yang sangat -sangat menakjubkan.Hal ini sungguh bertentangan pada masa beberapa abad silam.Dimana pada masa itu orang-orang mengira bahwa sel tidak lebih dari balok-balok yang menyusun tubuh kita.Walaupun sudah saya beberapa paragraf,sebenarnya masih banyak sekali keajaiban yang terkandung didalamnya (kapan-kapan akan saya lanjutkan dch..hehehe..).Selama ini mungkin tidak pernah terpikir oleh kita bahwa ada sebuah kota metropolitan super canggih yang menanggung semua aktivitas kehidupan secara otomatis. Benar-benar repot jika sel tidak dibuat sebaik kondisi yang seharusnya.Seluruh waktu kita akan habis hanya untuk mengatur pembentukan membran sel, menghasilkan ATP, dan segala hal lainnya.Kalian tidak akan punya waktu untuk membaca blog ini..sayapun juga tidak bakal mungkin memposting artikel ini..hoho..Oleh karena itu bersyukurlah kepada Tuhan karena sudah menganugerahkan "keajaiban kecil" ini didalam tubuh kita :)

Sumber :
Hutapea, Albert M. 2005.Keajaiban-keajaiban Dalam Tubuh Manusia.Jakarta,Buana Printing.
Guyton,A.C,dan J.E. Hall.2007.Buku Ajar Fisiologi Kedokteran edisi 11.Jakarta,EGC Medical Publisher.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar